RAM pada Komputer atau Laptop


Pasti teman-teman sudah tidak asing dengan RAM. RAM atau disebut dengan Random Access Memory adalah komponen dari komputer maupun laptop sebagai tempat penyimpanan sementara yang isinya dapat diakses tetap.
Jadi RAM ini hanya sebagai penyimpanan sementara, maksudnya yaitu saat kita sedang mengoprasikan sebuah software tertentu.

Nah, pasti teman-teman sering merasakannya, kalo RAM pada Komputer atau Laptop yang RAMnya kecil, anggap saja 2Gb. Maka kinerja Komputer maupun Laptop kita akan menurun, atau biasanya kita sebut, "LAG" atau "Not Responding".

Untuk teman-teman yang merasa Komputer atau laptop ngelag, perhatikan dulu spesifikasinya, dan juga koneksi internet kalo memangenggunakan internet.

Sebagai pengalaman saya pernah mengalaminya, pada saat menginstall software Android Studio. Dengan RAM hanya 2 Gb, maka tampilan pada Android Studio terdapat fitur yang hilang, karena pada saat pemrosesan data, RAM pada komputer tidak mendukung untuk menampilkannya. Walaupun tidak tampil namun software Android studio bisa digunakan, namun tidak maksimal dan sering terjadi Not Responding pada software tersebut.

RAM yang digunakan ?
Ingat RAM ada jenisnya loh, banyak jenis RAM dan fungsinya berbeda-beda. Jadi kalo teman-teman mau mengganti RAM atau meng Upgrade RAM jangan asal membeli RAM, namun kita lihat dulu RAM yang ada pada Komputer atau Laptop yang kita miliki serta pastikan slot yang terdapat pada perangkat kita. Kalo pada laptop ada yang memiliki slot 1 dan ada yang 2.
Tidak semua RAM cocok dengan perangkat kita, kalo kita asal membelinya maka perangkat tidak bisa beroperasi atau "Stuck", dan bahkan jika RAM tidak sesuai maka tidak dapat dipasang.

Bagaimana mengetahui RAM yang kita punya ?...

Ada beberapa langkah untuk mengetahui RAM pada perangkat kita yaitu :

  1. Untuk Komputer atau Laptop biasanya menggunakan RAM DDR1, RAM DDR2, RAM DDR3 dan RAM DDR 4. Kita bisa lihat pada gambar dibawah perbedaan antara RAM, dari segi volt, dan kecepatannya.
    DDR1 sampai DDR4
  2. Untuk memastikannya termasuk DDR1, DDR2, DDR3 DAN ddr 4 yaitu pertama bisa dengan aplikasi yang bernama CPU-Z, tanpa harus membongkar perangkat kita. Bisa dilihat "disini". 
    CPU-Z Memory
  3. Dengan cara membongkar CPU / Laptop kita. Ingat, jika kalian belum berpengalaman dan ingin mencobanya sendiri, cobalah untuk tutorial terlebih dahulu agar meminimalisir terjadinya kerusakan komponen yang lain. Cara brosingnya kalian ketikan kata kunci "Membongkar RAM pada laptop (merek laptop kalian)".
    Komponen Laptop
bagaimana teman-teman jadi lebih memahami dan tau kerja RAM kan, untuk lebih memahami RAM yang kita punya, lebih baik tanyakan pada orang yang lebih ahli, agar nantinya saat membeli kita tidak merasa sia-sia. Tapi jika kalian membeli RAM ditempat yang dapat dikembalikan barangnya kalo terjadi kesalahan, disini kesempatan kalian mencoba membongkarnya dan menggantinya/mengupgrade sendiri, biar lebih berpengalaman.

SHARKVALUE (Share Information For You)

0 Response to "RAM pada Komputer atau Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel